Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Halo Beauty...
Selamat pagii....ketemu lagi sama aku, kali ini aku mau cerita tentang Factory Visitku. Kunjungan pertama kali aku di store Sensatia Botanicals yang berlokasi di Karangasem pada tanggal 25 Agustus 2017 bersama teman-teman "Bali Beauty Blogger". Sebenernya udah lama banget sih yah aku kesana hehe tapi gak apalah ya aku cerita-cerita, ini juga buat nambah ilmu supaya kalau kalian mau tau bagaimana sih cara pembuatan produk berbahan alami ini dan apa aja sih yang aku lakuin disana. Yuuuk simak terus ceritaku 😉
PT. Sensatia Botanicals ini didirikan pada tahun 2000 di sebuah desa nelayan kecil Jl. Pantai Jasri, Karangasem, Bali. Dengan jumlah karyawan sekarang sekitar 85 orang yang berdedikasi tinggi menghasilkan produk berkualitas internasional di fasilitas produksinya yang bersertifikat GMP, lengkap dengan departemen QC, kalibrasi mikrobiologi & lab kimia yang sudah bersertifikat dan seorang apoteker yang mengawasi produksi dan keamanan.

Produk ini sudah menjadi trademark di lebih dari 40 negara, dengan lebih dari 200 produk yang terdaftar. Untuk pembuatan produk disini mereka juga mengikuti standar dari BPOM. Dan orang dari BPOM sering juga mengunjungi pabrik mereka untuk melakukan pengecekan. Hebatnya lagi mereka sudah mendapatkan sertifikat CPKB (Cara Pembuatan Kosmetik yang Baik dan Benar) pertama dan satu-satunya di Bali.....Yeey Congrats 👏

Sensatia Botanicals ini didirikan oleh Mr. Michael R Lorenti Jr  yang berasal dari America. Beliau terinspirasi dari kelapa yang sangat banyak ditemukan di Bali. Dan dari kelapa beliau mendapatkan inspirasi untuk pembuatan sabun dari bahan-bahan alami. Beliau melakukan pembelajaran dari awal dengan otodidak dan melakukan percobaan terus. Sesampainya disana kita disambut dengan kepala apoteker yaitu I Nyoman Parta Wijaya dan dari pihak marketing Ibu Merry.


Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem
I Nyoman Parta


Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem
Ibu Merry

Setelah berkenalan dan berbincang mengenai sensatia botanical ini, kita berkesempatan untuk memasuki ruangan yang ada disana. Yuuuhuu ini lah ruangan pertama yang kami kunjungi, ini ruangan penyimpanan produk yang sudah siap di produksikan. Jadi di ruangan ini untuk suhu nya sudah di set sedemikian rupa agar kondisi produknya baik. Seneng banget memasuki ruangan ini karna ruangannya sangat bersih dan tertata rapi.

Sensatia Botanicals Factory Visit Store KarangasemSensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Ruang Pertinggal
Jadi di ruang pertinggal ini tempat mereka menyimpan batch number dari semua produk untuk customer dan yang sedang dibuat. Jadi setiap produk yang mereka kirim ke customer disimpan disini. Ruang ini fungsinya untuk mengetahui apabila ada customer mengalami masalah contohnya seperti barangnya rusak atau baunya berbeda atau teksturnya berbeda nah bisa di cek di ruang ini. Dan mereka bisa langsung tracking disini. Ketika mereka tidak menemukan masalah kemungkinan masalahnya ada di storage pengiriman. Contohnya seperti customer membeli melalui online dan mengalami perubahan aroma dan tekstur. Setelah di cek di ruang pertinggal tidak ada masalah ternyata salahnya di bagian pengiriman seperti suhunya agak tinggi atau bisa juga terkena matahari jadi pengimpanannya harus benar.

img_2764img_2767

Lab Fisika dan Lab Mikrobiologi
Jadi di ruang ini ada 2 orang yang bertugas. Tugasnya mereka adalah mengecek Mikrobiologi,Ph, memastikan semua itu aman dan sesuai standar kulit kita. Dan mereka mempunyai tanggung jawab untuk mengecek semua bahan baku yang datang dari supplier. Jadi barang yang masuk akan mereka tes terlebih dahulu kalau sudah masuk kriteria baru boleh dipakai untuk ke step selanjutnya. Tidak hanya bahan baku mereka juga mengecek untuk packagingnya, jadi untuk setiap packaging harus ada tube, botol, jar dan stikernya juga. Jadi semuanya harus melakukan proses pengecekan untuk memastikan benar warna dan bentuknya sudah sesuai.

img_2768Sensatia Botanicals Factory Visit Store KarangasemSensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasemimg_2776

Inkubator
Di inkubator ini untuk mengecek berapa lama produk ini bisa bertahan biasanya expired date-nya 2 tahun sebelum produk di buka dan setelah di buka tahannya hanya 6 bulan. Disini di set suhu sedemikian rupa kalau kita taruh produk selama 2 bulan sama saja dengan 3 tahun di suhu ruangan.

Tempat produksi untuk kosmetik dibagi menjadi 2 produksi. Untuk kosmetik disisi kiri untuk sabun sebelah kanan, dibedakan karena treatment berbeda untuk pembuatan sehabis dipakai atau sebelum dipakai dibersihkan terlebih dahulu dengan alkohol. Jadi pertama-tama setiap akan melakukan produksi, apotekernya dahulu yang membuat racikannya, contohnya mereka mau buat clenser jadi apotekernya harus mengisi form dulu. Jadi ada dokumen-dokumen disetiap proses produksi dan mereka harus melihat dokumen tersebut dan di ceklis satu per satu. Contohnya step 1 mereka sudah melakukan mixing dan setelah itu mereka ceklis untuk memastikan step sudah benar. Jadi pertama-tama bahan baku ditimbang terlebih dahulu sesuai dengan apotekernya, setelah itu mereka akan mix menggunakan loyang yang besar.
img_2783img_2779

Keterangan :
  • Biru : Karangtina dulu.
  • Hijau : Sudah siap dipakai.
  • Merah : Direject artinya tidak bisa dipakai lagi harus dimusnahkan.
Setelah di mixing adonan yang sudah jadi dibawa ke ruangan sebelah untuk dilakukan packaging. Untuk packagingnya pun harus sesuai wadahnya misalnya jar.

Jadi kalau sudah di dalam botol nanti di transfer ke bagian yang lain untuk pengisian label.

Untuk proses primer packaging mereka memakai mesin dan di ruangan tertutup, setelah dipisahkan akan dibawa lagi ke bagian lain dalam bentuk dia sudah di masukkan ke botol-botol dan ditutup. Setelah itu dibawa ke mesin exp rejectnya untuk diberikan expired date-nya.

Sensatia Botanicals Factory Visit Store KarangasemSensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem
Selain di botol, kemasan kerdus atau box akan di tambahkan expired date-nya. Nah disinilah proses pengemasan sekundernya.

Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Pembuatan Sabun
Cara pembuatan sabun mereka juga mengikuti standard SOP (Standard Oprasional Sistem). Cara pembutannya dengan cara dimixing, diaduk, dituang dan pembuatan pola. Setelah pembuatan sabun disimpan di rak selama satu malam karena sabun masih moise untuk dipotong. Setelah dipotong sabun ditaruh diruangan selama 3 minggu supaya dia tidak ada air, sodium, hidroksida dan ukurannya pas atau sesuai. Sabun yang baru jadi atau masih natural tidak bisa langsung dipakai atau digunakan.

Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Pemusnahan
Jadi di ruang pemusnahan ini tidak sesuai dengan SOP dan tidak boleh umtuk dipakai lagi yang akan dimusnahkan. Contohnya ganti komposisi atau di reject oleh quality control. Untuk cara pemusnahannya dengan cara membakar. Jadi untuk label produk yang sudah ada di store-store akan dilepas dan perbaiki dengan yang baru.

Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Tempat Penyimpanan Bahan Baku
Jadi disini tempat penyimpan bahan bakunya, semua bahan disini sudah berstiker hijau  artinya sudah diluluskan. Awal datang di stiker biru dahulu artinya di karangtina. Untuk yang masih dikarangtina harus di cek kalau sudah sesuai baru menjadi hijau. Untuk bahan-bahan disini hampir semua aman karena dari bahan makanan.

Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem
Yeeey sesudah berkeliling pabrik akhirnya kita duduk juga hihi dan masih berbincang-bincang, dan kita dikasih Goodie Bag loh, untuk melihat apa aja sih isinya dan manfaat produk-produknya, intipp link disini ya Sensatia Botanicals Natural Skincare (Review).

Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Sensatia Botanicals Factory Visit Store Karangasem

Thank you for reading and coming here 😊

No comments:

Post a Comment

INSTAGRAM